tentang mas anas…

…serius dikit ah

Anas, man of the week minggu ini.. bukan Anas teman saya ini, tetapi Anas Urbaningrum, ex pimpinan salah satu parpol besar di negeri ini.. Bagaimana tidak, yang pada awalnya sudah berkoar pasang badan untuk bersedia digantung di Monas kalau ternyata ikutan dapet duit juga, ternyata sekarang beneran jadi tersangka.. alahmakkk… ckckck..

Saya nggak mau panjang lebar ngomongin si anas saja,, Sebenernya begini unek-unek saya, ini si mas anas khan orang hebat, dari sekolah kuliah udah pinter organisasi, biasanya idealis orang yg begini ini,, masih muda udah jadi pimpinan parpol besar.. istilahnya dialah pemimpin masa depan, setelah nanti wong-wong sepuh politisi senior angkatan pak akbar tanjung wiranto sby dll, ya jamannya mas anas, mas andi, mbak angie, dan mbak wanda hehe…

Tapi kok ya malah kena kasus juga, hedegh,,, saya sih masih 50-50 juga masa sih orang-orang idealis gtu, macam pak andi yg dulu kritis sama pemerintah, sekarang abis partainya menang pemilu trus jadi menteri kok sama aja yaa.. jadi yang diperjuangkan selama ini apa? menang pemilu?

Kalau hanya itu ya pantaslah, menang pemilu udah kesampean, jadi lost-of-orientation, balek lagi kek yg lama-lama make kekuasaan buat banyakin duit, klolah nanti kena kasus dihukum 3 tahun kaya mbak angie gpp lah, jadilah duitnya juga udah kekumpul banyak buat modal abis keluar penjara nanti hehe…

Tapi saya harap mas anas laen..

Udah ceritain aja bobrok bobroknya semua, udah kepalang juga.. biar semuanya belajar, ini makin mau pemilu makin keliatan orang-orang yg tujuannya cuman pengen menang pemilunya doang.. Jangan sampe pemilu depan melahirkan next-leader yg samo bae.. klo kata wong plembang..

Do something mas anas, ini udah kepalang, justru moment yg tepat buat memperbaiki carut marutnya politik kotor di negera ini.. Ceritain aja semua apa adanya.. pecahkan saja gelasnya biar mengaduh hehe.. Kasian anak-anak sekarang klo mas anas ternyata sama kek yg laen, terima dihukum 3 taun, mingkem gak ngomong apa2, jadi anak baek di depan pengadilan, yg penting udah dapet duitnya hedegh..

Ayolah mas anas.. sekali kali emberlah gapapa…

Insyaallah baek kedepannya, kalaulah angkatan mas anas gagal kek mbak angie sama pak andi biar jadi pelajaran buat next generation leader biar gak gampang dikasih duit ama orang-orang kek bang nazar.. sedih euy dengernya, dulu khan pas jadi aktivis kerjaannya teriak2 ngritik pemerintah atas nama rakyat lho… ya nggak?

Beda tempat beda bahasa (part2)

…once upon at my office
…i just back from troubleshooting some problem with microwave radio in sungsang, when i arrived at office, met Eko, security guy in my office

Eko : dari mano pakdhe..
Bas : dari sungsang ooo, capek ooo, ado gangguan
Eko : Hooo.. ke sungsang yoo, dak ajak2 ooo,,, jalan kesano itu jahat niann yoo
Bas : Heh.. jalan makmano bisa jahat pakdhee
Eko : bwaaahahahahahaa… maksudnyo jalan itu buruk, idak mulus cak di plembang ini…
Bas : Hoo… #garuk2… jalan begimana bisa jahatt yoo hedegh…

…and someday there is another “jahat” again
…At noon, Baim, another security guy at my office visiting our room.. he dissapointed about football match between Acmilan and Barca last night

Bas : Oeeee arieel arieel arieel…. #actually Baim’s hair style like ariel peterpan, so we often jokes him by calling him ariel hehe
Baim : Aduhhh barca kalah pulo smalem..
Bas : Yeaaaa Milann ooo.. Boatengg teng teng teng.. (#Boateng is milan player whos scored the goal that night)
Baim : Memang lah Bas kuakui semalem Barca itu maennyo jahat niannnn
Bas : Heh,,,, gek dulu mang gek dulu, itu gimana bisa jahat maennya, emangnya maennya sambil nggamparin orang? Hahahahaha
Baim : Hahaha….. basing bae kau tuu,

…yeay, so that’s the palembang languange, several vocabularies that are not used improperly.. like JAHAT for example hahahahaha

chelyabinsk

Chelyabinsk mendadak terkenal, meski tidak akan seterkenal Chernobyl sepertinya. Kota ini ramai diberitakan di media massa setelah peristiwa jatuhnya meteor di kota industri yang berjarak 900 km dari Moskow tersebut. Peristiwa jatuhnya meteor ini adalah yang terbesar setelah terakhir tahun 1908 meteor menghantam Tunguska, keduanya dianggap merupakan meteor besar yang mampu mencederai manusia dan membahayakan kehidupan. Yang menarik adalah peristiwa ini terjadi begitu saja, tidak ada yang memberitakan prediksi atau memonitor ancaman dari luar angkasa ini.  Padahal pikir saya teknologi astronomi NASA atau ISS sudah sedemikan maju seperti di film Armageddon itu, dimana memungkinkan kita memonitor anca
man dan benda-benda luar angkasa, bahkan untuk berkomunikasi antar bumi dan luar angkasa.

Hehe sayapun iseng googling mengapa meteor ini tidak terdeteksi,

  1. Menurut Bill Cooke, The head of NASA’s Meteoroid Environment, ukuran diameter meteor yang menghantam Chelyabinsk adalah sekitar 17m atau sepanjang bus, dan termasuk benda langit yg kecil, cukup sulit terdeteksi oleh sistem navigasi luar angkasa NASA. Karena kecil dan kecepatannya lebih tinggi dibanding asteroid, saat masuk ke atmosfer bumi, meteor tersebut cukup memerlukan  sekitar 30 detik untuk menghantam permukaan bumi. Karena gesekan dengan partikel atmosfer bumi,  suhu meteor pun naik, hingga meledak sekitar 19km diatas Chelyabinsk. Ledakan inilah yang memecahkan jendela dan tembok rumah warga di Chelyabinsk.
  2. Menurut Paul Chodas,NASA’s Near-Earth Object astronomer, datangnya meteor yang pada siang hari tidak dapat terdeteksi karena teleskop hanya mampu melihat meteor pada malam hari, Jika terjadi di malam hari akan lebih terang dari matahari. Karena meteor ini termasuk benda langit yang kecil dan kecepatannya tinggi maka kedatangan obyek ini tidak dapat terdeteksi jauh-jauh hari..

waduh ngeri, itu satu meteor, bagaimana kalo puluhan atau ribuan meteor “kecil”..  -___-

a morning in kambang iwak

This photo taken at Kambang Iwak, a park in the center of Palembang City, where often used as a jogging, especially on Sunday mornings.

IMG_7204_4
Nowdays, mobile-phone has become a primary need. Life without mobile-phone feel like confined in solitude. From wake-up until sleep again, people are never separated from it . Not just for calling and SMS, now people use mobile-phone as alarm to waking up in the morning, listening mp3 while jogging, updating status, until as prayer time reminders

pengen beli tripod

IMG_7167_2
lagi seneng-seneng nya jepret obyek bareng langit2nya
sayang langitnya item semua
klo ada bintang2nya khan unyuuu heh
ini oleh2 nemenin teman saya yudhi pas dines kesini
pelajarannya karena malam bukaan diafragma dipake yg besar
brarti F nya atur ke angka kecil
trus atur shutter-time nya supaya dapet cahaya secukupnya
karena malam biasanya shutter-time minta lamaan
tantangannya karena shutter-time lamaan ya harus stabil
bagusnya sih pake tripod
jadi pengen beli tripodd… HEHEHEHEHEHE intinya

Wake up in the morning

Subuh tadi saya terbangun, sayup sayup suara orang mengaji terdengar.
Saya lihat HP, ohh masih jam 4.30, masih terlalu pagi untuk membangunkannya pikir saya. Udara subuh tadi terasa begitu dingin dan alhamdulilah (sukses) membangunkan saya. Perut saya sedikit terasa perih, sayapun bergegas ke kamar mandi.

Rumah kontrakan saya memang terletak tepat didepan masjid, sehingga (seharusnya) mudah pagi saya untuk terbiasa bangun pagi. Berarti… hehe.. Kesibukan kerja, pulang telat, dan tidur telat akhirnya membawa saya out-of-the-track, saya sering bangun mepet lagi beberapa minggu bahkan hampir 2 bulan sepertinya, dan saya telat menyadarinya.

Keluarnya kita dari kebiasaan itu saya pikir sering terjadi ketika kita keluar dari kebiasaan sehari-hari kita, semisal harus keluar kota selama beberapa hari, harus lembur beberapa hari berturut-turut sehingga merusak pola tidur kita. Parahnya jika hal tersebut, semisal lembur kemudian telat tidur terjadi dalam waktu beberapa hari, dan kita tidak menyadarinya, bisa bisa akan menjadi kebiasaan baru. Dan untuk mengembalikannya ke kebiasaan baik kita tidaklah mudah. Ini ibaratnya seperti berpindah gigi persneling, untuk pindah persneling kita harus mencapai kecepatan tertentu, kemudian kita injak kopling baru pindah gigi persnelingnya. Jadi ada ancang-ancangnya, tidak serta merta menaik-turunkan gigi persneling.

Untuk berusaha bangun pagi, kita juga perlu ancang-ancang, perlu motivasi, perlu strategi. Menurut yang saya baca semalam, untuk mendapatkan bangun pagi yang segar kita tipsnya adalah

  1. Usahakan tidur malam yang baik, yang nyenyak. Tidak harus lama, tetapi kualitasnya  mesti baik. Ini bisa ditrigger dengan kasur yang bersih, sprei yang wangi rapi, dan pakaian tidur yang nyaman.. >> jadilah saya mengganti sprei dan sarung bantal saya dulu semalam :))
  2. Segera lakukan gerakan motorik aktif pada saat alarm HP bunyi pagi harinya, seperti duduk, kemudian bangun berjalan, meminum air putih, atau kemudian mandi.
  3. Usahakan posisi HP alarm jauh, sehingga kita perlu gerakan motorik aktif untuk mematikannya 🙂
  4. Dan yang paling penting adalah miliki alasan untuk bangun pagi sebagai motivasi tentunya semisal pengen tahajud, pengen baca quran dulu, pengen belajar, pengen maen monopoli hehe, pengen maen gem, pengen ngeliat lensa olahraga pagi, pengen membangunkan si dia, de el el 🙂

Dan saat kita bangun kemudian berdiri, rasanya senang sekali, kita menemukan tubuh kita masih sehat, masih bisa beraktivitas, masih bisa bekerja, belajar, itu mesti disyukuri karena kesehatan adalah sesuatu yang berharga begitu menurut dokter kantor saya hehe (#abis dapet penyuluhan kesehatan dikantor)

So yuk ah berusaha tidur dan bangun pagi yang berkualitas,yang kita rasakan segar sekali.. a fresh start
Dan alangkah baiknya kalau itu kita jalani setiap hari.. What a miracle..